Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja 2020 - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja 2020

Setelah sukses mengadakan pemilihan Ako Amoi Hakka Jogja kedua yaitu pada tahun 2018, Ako Amoi Hakka Jogja kembali akan mengadakan Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja di tahun 2020. Generasi Muda Hakka harus dikembangkan untuk terus melakukan kegiatan positif yang diajarkan oleh leluhur Hakka. Mendidik generasi muda didalam mengenal dan mengembangkan budaya Hakka bertujuan agar budaya Hakka tidak luntur di era sekarang ini. Memberikan kegiatan positif pada generasi muda Hakka, juga mendorong mereka agar selalu berkarya dan berpenampilan prima , untuk mengembangkan budaya Hakka, berwawasan luas serta berpikir cerdas, berperilaku baik dalam keluarga dan masyarakat, menjadi duta dan teladan bagi generasi muda yang lain, serta berperan aktif dalam mempromosikan dunia pariwisata yang ada di Yogyakarta. Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja 2020 mengangkat tema “ Lestarikan Budaya Hakka , Cipta Keharmonisan Indonesia” yang berarti generasi muda Hakka harus siap mengenal dan melestarikan Budaya Hakka untuk suatu tujuan yang baik dalam bermasyarakat.

Dengan system audisi online Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja 2020, terpilihlah 13 Finalis(terdiri dari 4 Ako dan 9 Amoi) yang mengikuti Karantina dari tanggal 1 Desember – 5 Desember 2020 dengan mematuhi Protokol Kesehatan karena Pandemi Covid-19. Seluruh Finalis melakukan Rapid Test serta Tes BNN. Karantina bertempat di D’Senopati Hotel Yogyakarta. Pembekalan yang diberikan kepada 13 Finalis meliputi, Public Speaking, Personal Branding, Budaya dan Bahasa Hakka dan Mandarin, Pariwisata Yogyakarta, Catwalk, dan Opening Dance.

Grand Final Pemilihan Hakka Ako Amoi Jogja 2020 dilaksanakan di Sleman City Hall pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 pukul 18.30 – 22.00 WIB. Dibuka dengan Opening Dance dari ke 13 Finalis yang membuat suasana pada malam itu begitu meriah. Tak hanya itu, para finalis menampilkan aksi terbaiknya dalam menjawab pertanyaan dari para dewan juri. Adapun dewan juri terpilih dan berkompeten, yaitu, Ketua Paguyuban Hakka 2018 hingga 2021, Yustinus Rusmin, Profesional Public Speaking , Lusy Laksita, Perwakilan dari Dinas Pariwisata Yogyakarta, Arif Sulfiyantono, Profesional Personal Branding, Rosalina Indah, dan Koko Agustinus.

Setelah melalui berbagai penilaian dan karantina, akhirnya, terpilih Ako Yo’el dan Amoi Lusi sebagai Hakka Ako Amoi Jogja 2020. Yang menempati  Runner Up 1 diraih oleh Ako Oscar dan Amoi Jeanne. Untuk Runner Up 2 diraih oleh Ako Anthony dan Amoi Lina. Terdapat juga pemenang atribut kategori lainnya, yaitu Ako Stefanus sebagai Hakka Ako Amoi Jogja 2020 Best Talent, Amoi Bella sebagai Hakka Ako Amoi Jogja 2020 Congeniality, dan Amoi Devina sebagai Hakka Ako Amoi Jogja 2020 People’s Choice.

Write a comment