Hakka Bangga: Menpora, KONI dan Segenap Pengurus FOBI dan PHIS Ucapkan Selamat pada Edy Kusuma, Waketum PHIS Sebagai Ketua FOBI 2020-2024 - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Hakka Bangga: Menpora, KONI dan Segenap Pengurus FOBI dan PHIS Ucapkan Selamat pada Edy Kusuma, Waketum PHIS Sebagai Ketua FOBI 2020-2024

Pada 6 November 2020, Kongres Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) ketiga diadakan secara daring tau online. Kegiatan konferensi online ini secara langsung diikuti oleh segenap pengurus pusat dan juga termasuk semua pengurus di daerah dengan agenda memilih ketua FOBI yang baru.

Acara pembukaan dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga atas nama Chandra Bhakti, Wakil Presiden Eksekutif Bidang Promosi Prestasi Olahraga dan menyampaikan sambutan. Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Letnan Letnan Jendral Purnawirawan Marciano Norman, dan mantan ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Dhalan Iskan (periode 2012-2016 / 2016-2020) juga turut hadir dalam pelantikan ini.

Usai musyawarah bersama, para peserta pertemuan memutuskan untun memilih Edy Kusuma sebagai Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) (2020-2024) 

Dalam pidatonya di konfensi online pemilihan ketum FOBI 2020, Chandra Bhakti menyampaikan dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI). Pihaknya juga berharap FOBI dapat membantu memajukan dan memajukan olahraga barongsai di Indonesia, sehingga Indonesia mendapat penghargaan di pentas World Dragon-Lion Project dan meraih hasil yang sangat baik. 

Ketua KONI Marciano Norman dalam kata sambutannya, berharap calon terpilih dapat meningkatkan dan memajukan tarian liong dan barongsai di Indonesia. KONI siap mendukung ketua baru, mari kita bekerja sama untuk melakukan pekerjaan dengan baik di olahraga Indonesia. 

Dahlan Iskan, mantan Presiden Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) pertama yang juga mantan Menteri BUMN, memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Panitia Persiapan atas kerja kerasnya dan menyukseskan video konferensi nasional ini.

“Saya sangat senang bahwa melklui konferensi ini kita telah memilih ketua FOBI yang baru. Saya memberikan penghormatan dan selamat kepada yang terpilih, dan berharap FOBI akan membuat kemajuan lebih lanjut di bidang liong dan barongsai di bawah kepemimpinan ketua yang baru.”

Xaverius Djunair, Sekretaris Jenderal FOBI dan Ketua Panitia Konferensi, mengatakan konferensi ini termasuk telah memecahkan rekor, karena diselenggarakan secara online, perwakilan dari seluruh provinsi dan kota dari Aceh hingga Papua turut berpartisipasi. Ia mengatakan bahwa dirinya juga mendukung penuh proyek kerja Ketua Edy Kusuma di Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) selama empat tahun ke depan. 

Ketua FOBI yang baru, Edy Kusuma mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan provinsi dan daerah FOBI atas dukungan dan kepercayaannya kepada beliau.

“Saya berharap mendapat dukungan dan janji untuk segera mengadakan konferensi kerja nasional menjadikan FOBI mampu bergerak maju dengan cepat dan mengukir prestasi, pandemi tidak bisa menghentikan usaha untuk tetap kita berjalan.” Ujar Edy Kusuma dalam sambutannya.

Hakka Bangga!

Edy Kusuma juga merupakan salah satu dari Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera di bidang kepemudaan. Dipilihnya Edy Kusuma sebagai ketum FOBI juga merupakan prestasi yang membanggakan untuk Hakka Indonesia karena memang FOBI adalah oraganisasi besar di Indonesia dan Barongsai seria Liong merupakan tradisi Tionghoa yang wajib untuk dilestarikan.

Yayasan Hakka Aceh yang memiliki tim Barongsai dan Liong dan pernah mengikuti kontes international hingga ke Tiongkok pun menjadi sorotan dalam konferansı kali ini.

Segenap pengurus Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera dan juga Hakka Cabang lainnya di seluruh Indonesia mengucapakan selamat dan juga dukungannya kepada Edy Kusuma agar bisa terus memajukan Barongsai dan Lion Dance Indonesia melalui FOBI hingga menorehkan prestasi di kancah duna internasional.

 

Write a comment