Hakka Sumsel Lestarikan Xiangqi atau Catur Tiongkok - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Hakka Sumsel Lestarikan Xiangqi atau Catur Tiongkok

Paguyuban Keluarga Besar Hakka Sumatera Selatan akan kembali mengaktifkan olahraga catur Xiangqi atau catur Tiongkok.

Hal itu diungkapkan Wakil ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Asun didampingi Humas Alimin Rabu (30/9/2020).

Menurut Asun ini merupakan salah satu program Hakka Sumsel di bidang olahraga kedepan tentunya setelah wabah Covid 19 berakhir dan sudah ada edaran dari pemerintah boleh beraktifitas dengan menghadirkan orang ramai.

“Kita berencana mengaktifkannya dengan menggandeng Pengurus Daerah Xiangqi Sumsel yang dipimpin oleh bapak Kiman Toha untuk bersama sama menggelar kejuaraan Xiang Qi di Palembang,”katanya.

Asun menjelaskan, tujuan dari diaktifkannya olahraga Xiangqi ini selain untuk menjaring atlet Xiangqi yang nantinya dibina dan akan dipersiapkan di berbagai even nasional Xiangqi kedepan. “Juga untuk melestarikan budaya Tionghoa di Sumsel dan Palembang,”katanya.

Asun juga menceritakan tentang Xiangqi yang merupakan olahragabdari Tiongkok dimainkan oleh dua orang. Secara harafiah “xiangqi” berarti “catur gajah”. Nama ini berasal dari salah satu buah catur yang dimainkan di atas permainan, yaitu buah xiang (gajah).

“Catur Xiangqi menggunakan biji-biji pipih melingkar dengan karakter Hanzi tertulis di atasnya. Permainan ini menggunakan 32 bidak yang dibagi menjadi merah dan hitam. Setiap kelompok warna memiliki 16 bidak yang kemudian dibagi lagi menjadi 7 tipe. Terdapat bidak jiong (raja), shi (menteri), xiang (gajah), ma (kuda), ci (benteng) pau (meriam), dan zu (pion),”katanya.

Selain akan menghidupkan olahraga Xiangqi, Hakka Sumsel juga berencana memfasilitasi pemuda pemudi Hakka untuk latihan olahraga Futsal. “Bagi pemuda pemudi Hakka yang ingin berolahraga futsal silakan datang kekantor untuk mendaftar jika timnya sudah pas, kita fasilitasi untuk lapangan olahraganya,”ujarnya.

Write a comment