Hakka Aceh Ikuti Diskusi Publik soal Isu Keberagaman di Aceh - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Hakka Aceh Ikuti Diskusi Publik soal Isu Keberagaman di Aceh

Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Banda Aceh menggelar diskusi publik secara daring dengan tema “Menyoal Isu Keberagaman di Masa Pandemi”,  Selasa (20/20/2020).

Diskusi virtual ini menghadirkan sejumlah pemateri, yakni Sehat Ihsan Shadiqin (Akademisi dari UIN Ar-Raniry), Khoe Kie Siong (Ketua Hakka Aceh), Said Kamaruzzaman (Redaktur Politik Harian Serambi Indonesia), Nursiti (Akademisi dari Unsyiah), yang dimoderatori oleh Fuadi Mardhatillah dari AJI Banda Aceh.

Dalam paparannya, para narasumber berharap agar media yang ada di Aceh memelihara keberagaman dalam masyarakat.

Ketua Hakka Aceh Khoe Kie Siong berharap awak media membantu publikasi berbagai upaya yang dilakukan kelompok minoritas untuk membantu mereka yang terdampak akibat Covid-19. “Kita juga berharap media ikut mempublikasi apa yang dilakukan masyarakat Tionghoa pada masa pandemi ini. Ini juga untuk menegaskan ke pihak luar bahwa kita dari berbagai etnis, agama, budaya, justru bisa bersatu,” kata Khoe Kie Siong.

Redaktur Politik Serambi Indonesia Said Kamaruzzaman yang juga turut hadir banyak mengulas soal dapur redaksi, hambatan, dan tantangan yang dimiliki jurnalis di Aceh. Media, seperti juga institusi lainnya, kata Said, tak terlepas dari berbagai kelemahan, mulai dari kapasitas SDM hingga lingkungan yang tak sepenuhnya mendukung jurnalisme berkualitas. Ancaman terhadap pers bisa datang dari berbagai pihak. “Merawat keberagaman ini butuh kerja sama semua pihak, tak adil juga kalau sepenuhnya dibebankan kepada media,” kata Said.

Write a comment