Hakka Sukabumi Bersama PSMTI dan Organisasi Tionghoa Lainnya Ikuti Upacara Kemerdekaan RI - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Hakka Sukabumi Bersama PSMTI dan Organisasi Tionghoa Lainnya Ikuti Upacara Kemerdekaan RI

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, sejumlah warga keturunan Tionghoa yang tergabung dalam Komunitas PSMTI, HAKKA, Yong Chun, FU Qing, Vihara Widhisakti dan INTI menggelar upacara bendera di Lapang Komplek Ruko Danalaga Square, Jalan Pajagalan, Kota Sukabumi, Senin (17/8).

Momentum peringatan hari kemerdekaan RI ini, bukan hanya dianggap sekedar seremonial saja. Namun, sebagai wujud nyata dalam meningkatkan rasa nasionalisme di hati masing-masing peserta upacara.

“Makna dari kemerdekaan ini kan jelas, kemerdekaan bukan hanya untuk orang per orang tapi hak seluruh bangsa Indonesia. Kami suku Tionghoa adalah warga negara Indonesia juga dan menunjukan jati diri kita bahwa kita cinta Indonesia,” ucap Pembina Upacara Tan Wijaya.

Tan mengungkapkan, di peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-75 ini pihaknya menginginkan adanyaa keadilan sosial, toleransi antar bangsa, dan terciptanya kerukunan serta kebhinekaan untuk bergotong royong membangun Indonesia.

“Dengan adanya Pandemi Covid-19 ini kita juga merasa prihatin dan ingin berbakti serta berjuang dengan elemen bangsa lainnya untuk bisa bersama-sama lepas dari pandemi ini,” pungkas Tan.

Pihaknya, mengajak seluruh etnis Tionghoa untuk merajut kebersamaan guna mencapai Indonesia yang bersatu, sejahtera, aman dan makmur, seperti yang diharapkan oleh para pahlawan terdahulu.

“Selain itu, dapat membaur dengan masyarakat sekitar dan hidup saling menghormati satu dengan yang lainnya,” ujarnya.

Pada upacara bendera ini, juga melibatkan generasi muda agar dapat lebih mencintai Indonesia. “Sehingga kedepan dalam tingkah laku dan tindakan selalu meng¬gelorakan nilai-nilai semangat patriotisme,” ucapnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Hasan ichsan menuturkan, dalam menggelar upacara bendera tersebut setiap peserta diwajibkan menggunakan masker, cuci tangan dan protokol kesehatan lainnya sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Dalam penyelenggaraan upacara ini kami tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Selain menyelenggarakan upacara bendera, sambung Hasan, peserta juga mengikuti beberapa perlombaan seperti, tenis meja, catur dan gaple.

“Bagi peserta Juara I, kami memberikan hadiah sebesar Rp500 ribu, Juara II sebesar Rp300 ribu dan Juara III sebesar Rp200 ribu. Kami harap, dengan adanya peringatan ini dapat semakin memperkuat rasa nasionalisme,” pungkasnya.

Sumber: sukabumiupdate.com

Write a comment