Pembangunan Atap Rumah Hakka (Tulou) Hakka Kalbar Rampung - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Pembangunan Atap Rumah Hakka (Tulou) Hakka Kalbar Rampung

Proses pembangunan Rumah Hakka (Tulou) Kalimantan Barat/Kalbar sudah sampai dengan tahap dirampungkannya tahap pemasangan atap pada tanggal 30 Juni 2020.

Bapak Muclis Supendi, selaku Ketua Panitia Pembangunan Rumah Hakka (Tulou) Kalbar menjelaskan bahwa jenis atap yang dipasang adalah atap bitumen/aspal yang berkualitas baik, yang terdiri atas 4 lingkaran. Antara lingkaran yang satu dengan lingkaran yang lain dipasang talang air dan kaca yang berfungsi untuk penerangan alami pada saat siang hari.

Bapak Muclis Supendi menambahkan bahwa untuk pembangunan Rumah Hakka (Tulou Kalbar) yg diperkirakan rampung secara keseluruhan pada tahun 2020, akan dilanjutkan dengan pekerjaan meng-varnish dinding batubata. Dinding batubata sengaja dipasang secara ekspos (tanpa plester) dengan maksud supaya terlihat bahwa Rumah Hakka (Tulou) Kalbar dibangun dengan mempertahankan orisinalitas material bangunan. Seperti diketahui makna Tulou itu sendiri adalah bangunan bertingkat dari material tanah. Batubata yang dipakai berasal dari bumi Kalbar, tepatnya dari Kota Singkawang.

Pekerjaan selanjutnya setelah tahapan ini adalah pemasangan keramik lantai.

Ketua Hakka Kalbar yang dihubungi terpisah mengatakan bahwa untuk merampungkan pembangunan Rumah Hakka (Tulou) Kalbar yang berlokasi di Jl. Hakka, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Kalbar, masih memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk untuk pengadaan peralatan elektrik dan meubelair, serta koleksi pajangan di ruangan yg berfungsi sebagai museum. — at Jl. Hakka, Kab. Kubu Raya, Kalbar.

Write a comment