Kegiatan Bakti Sosial Yayasan Hakka Aceh, Bantu Cegah Corona di Banda Aceh - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Kegiatan Bakti Sosial Yayasan Hakka Aceh, Bantu Cegah Corona di Banda Aceh

Badan Kesehatan Dunia atau yang biasa disebut dengan WHO kini menyarankan semua orang untuk melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan masker di tengah penyebaran COVID-19. Pemerintah Indonesia melalui Achmad Yurianto juga mendukung pernyataan WHO untuk mengunakan masker pada semua masyarakat bukan hanya untuk yang sakit saja.

Mengingat antusiasme masyarakat kota Banda Aceh akan kebutuhan pengunaan masker dan hand sanitizer untuk mencegah penularan COVID-19 sangat tinggi, PSMTI Aceh dan Yayasan Hakka Aceh kembali membagikan masker dan hand sanitizer pada hari selasa dan rabu, yaitu pada tanggal 07 April 2020 dan 08 April 2020. Pada kegiatan yang berlangsung di pagi hari, yaitu dari pukul 09.00 hingga 10.00 WIB ini, PSMTI Aceh dan Yayasan Hakka Aceh telah membagikan kurang lebih 3.800 buah masker dan 1.300 buah hand sanitizer dari total 15.000 buah masker dan 3.400 buah hand sanitizer kepada masyarakat umum yang tinggal di seputaran area Peunayong.

“Pembagian masker dan hand sanitizer nya harus tepat sasaran, yaitu dengan cara langsung di pakai. Kita sebagai relawan juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung agar masyarakat sadar akan ancaman bahaya dari COVID-19 ini. Jangan hanya membagi-bagi kan saja tapi tidak di pakai. Kita harus membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakt agar masker harus selalu di pakai.” Kata Harianto selaku koordinator relawan dalam kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer ini.

Pembagian akan dilanjutkan pada tanggal 11 April 2020. Dan pembagian selanjutnya akan di laksanakan di lokasi yang berbeda supaya lebih banyak masyarakat yang memperoleh masker dan hand sanitizer. Tak hanya bagi-bagi masker dan hand sanitizer, PSMTI Aceh dan Yayasan Hakka Aceh juga memasang 11 unit wastafel sebagai bentuk partisipasi nyata dalam upaya meminimalisir penularan COVID-19 di tengah-tengah masyarakat kota Banda Aceh.

“Kepada masyarakat yang belum mendapatkan masker dan hand sanitizer diharap bersabar karena untuk tahap pertama ini masker dan hand sanitizer nya sudah habis. Nanti kedepan akan ada lagi, kalau tidak ada halangan mungkin tanggal 11 April 2020 sudah ada lagi. Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan masker, harap di pakai dan jangan mengambil lagi supaya kita bisa membagikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan. Kasian saudara kita masih banyak yang membutuhkan masker.” Kata ketua umum PSMTI Aceh dan Hakka Aceh yang kerap di panggil Pak Aky tersebut.

Tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi ditandai dengan banyaknya permintaan masker kepada para relawan. Bahkan sudah ada masyarakat yang “mengantri” untuk pembagian pada tahap selanjutnya.

“Tadi ada Ibu-ibu menanyakan kepada relawan kita, kapan ada lagi pembagian masker selanjutnya, karena ketika si ibu datang, masker sudah habis. Sedangkan si Ibu tidak sanggup membeli masker di karenakan tinggi nya harga masker yang di jual di pasaran sekarang ini. Ini menandakan pentingnya pengunaan masker sudah mulai di rasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu kami akan terus melakukan kegiatan sosial ini untuk membantu saudara-saudara kita agar terhindar dari COVID-19 ini.

Rantai penyebaran COVID-19 harus kita hentikan bersama. Ditambah lagi, dengan berakhir nya jam malam di kota Banda Aceh dan di buka nya kembali warung-warung kopi di Banda Aceh, masyarkat seolah mengangap virus ini telah berakhir. Saya himbau agar masyarakat lebih baik di rumah saja, jangan berkumpul dulu.” Himbau Pak Aky.

Write a comment