Rayakan Imlek, Perkumpulan Hakka Sumut Harap 2020 Indonesia Bebas Bencana - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Rayakan Imlek, Perkumpulan Hakka Sumut Harap 2020 Indonesia Bebas Bencana

Medan, Xun Bao. “Diharapkan, 2020 ini semua di Indonesia bebas dari bencana, dan penyakit dan lainnya. Kita semuanya sukses dan bahagia,” ujar Ketua Perkumpulan Hakka Indonesia Sumut, Hendra Jamin pada malam Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 dan malam finalisasi pemilihan Hakka Ako dan Amoi Sumut 2020 di Regale Internasional Convention Center, Minggu (2/2).

Tampak hadir di sana, Ketua Umum Abadi Perkumpulan Hakka Indonesia Sumut Budihardjo Chandra dan isteri Linda Setiawan, sejumlah tokoh seperti dr Indra Wahidin, Juswan Tjoe, Anwar Susanto, Ketua DPRD Medan Hasyim SE, anggota DPRD Medan Wong Chun Sen. Selain hadir juga jajaran Wakil Ketua Pengurus Hakka Sumut, yakni Halimanto, Solihin Chandra, Leo Wijaya, Janlie SE Ak, Mahyudin Effendy, Edy Saputra, Soffian Joesoef, Djoni, Sugiharto, Philander Jong, Ketua Pembina Johnson Min, dan jajaran Pembina Darwin Wun, Juwi Hakim, Halim, Sukardi, Ali Muljono, Muktar, Cipto Kuswandi, serta Jasin. Dan hadir seluruh jajaran penasehat, pengurus, anggota keluarga besar Hakka Sumut dan para undangan.

Hadir jg Ketua KeHormatan Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Albert Yaputra dan istri Suriaty Taufik selaku Penasehat Hakka Ako Amoi Nasional.

Dikatakannya, kegiatan pemilihan Hakka Ako dan Amoi ini secara nasional dilaksanakan secara berkala dua tahun sekali. Pertama kali dilaksanakan di Yogyakarta, Jakarta dan ketiga di Medan pada 4 Oktober tahun ini.

“Rencananya, para pemenang Hakka Ako dan Amoi 2020 Sumut ini nantinya akan diikutsertakan dalam pemilihan Hakka Ako dan Amoi Nasional,” paparnya sembari mengutarakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah, budaya dan adat istiadat Suku Hakka/ Khek kepada generasi penerus. Saat ini, banyak anak muda Hakka yang tidak mengenal lagi asal-usul leluhur, mulai dari bahasa, tutur dan budaya.

Karenanya melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan dan mewariskan Hakka ini kepada generasi muda ke depan agar tidak hilang ditelan zaman.

“Sudah menjadi tanggung jawab saya bagaimana mengembangkan budaya dan menumbuhkan rasa cinta pada etnis ini yang merupakan bagian dari kebhinekaan di negara kita,” ungkapnya sembari menyatakan Perkumpulan Hakka terdapat di 60 daerah di propinsi/ kabupaten/kota di Indonesia di mana di Sumut terdapat 2 cabang yaitu di daerah Labuhan Batu dan Pematang Siantar serta Medan sebagai Perkumpulan Hakka Sumut.

Dalam pemilihan Hakka Ako dan Amoi Sumut 2020 dari Finalis 13 kontestan 7 Ako dan 6 Amoi, tampil sebagai juara pertama Ako dan Amoi yakni Andi Gunawan Tanoto dan Jocelyn Zamruddin, lalu juara dua Kevin Li dan Vanessa Tjandra, lalu juara ketiga Edberd Christian dan Erica. Selebihnya juara harapan.

Sebelumnya, Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Qiu WeiWei mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan perkumpulan Hakka ini. Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut secara terus menerus karena sangat positif untuk pengembangan dan perkenalan budaya bagi generasi muda.

Sedangkan Ketua Panitia Benson Chandra mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini.

Tanpa kerja keras kita bersama dan dukungan penuh sponsor kegiatan ini tidak akan berjalan baik.

Di tempat yang sama, Ketua Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS), Sugeng Prananto menyampaikan apresiasi yang sama kepada Perkumpulan Hakka Sumut yang sukses beberapa kali menghelat acara Imlek bersamaan dengan Pemilihan Hakka Ako dan Amoi.

“Kami sangat berharap dan yakin, kegiatan ini membantu mempertahankan tradisi suku Hakka di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Selamat Imlek 2571, Xin Nien Kuai Lek, Gong Xi Fa Chai. Semoga sukses selalu,” ucap Sugeng.

Ketua Panita Benson Chandra menuturkan bahwa hadirin yang hadir pada malam itu mencapai 1000 orang dan berkat kerja keras segenap panitia dan bantuan dari Pembina dan Pengurus Hakka Sumut acara dapat berlangsung sangat meriah dan sukses.

Tinggalkan komentarmu di sini