Adakan Donor Darah, Hakka Batam Juga Berikan Bantuan Ranjang, Bantal dan Selimut ke PMI Kota Batam - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Adakan Donor Darah, Hakka Batam Juga Berikan Bantuan Ranjang, Bantal dan Selimut ke PMI Kota Batam

Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Kota Batam menggelar donor darah di depan Hypermart Nagoya Hil, pada hari Minggu (12/1/2020) dan acara dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Kegiatan donor darah tersebut bertujuan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam untuk memenuhi ketersedian stock darah.

Ketua Hakka Batam, Hok Sin, dalam kata sambutannya di acara kali inimengatakan, program donor darah dari Hakka Batam ini rutin digelar tiga kali dalam setahun, dan sudah digelar untuk membantu PMI yang selalu kekurangan kantong darah.

“Bukan hanya untuk Batam kantong darah ini, tapi juga untuk Kepri,” tutur Hoksin. Ia juga menyampaikan bahwa Hakka Batam tidak bisa mengadakan donor darah di hari yang bersamaan dengan rencana yang disusun oleh Hakka Pusat untuk menggelar donor darah serentak se-Indonesia, karena pihak PMI setempat tidak memiliki waktu dalam jadwal yang sudah ditentukan yang untuk menggelar donor darah.

“Kegiatan donor darah ini rutin kami lakukan. Ada sekitar 300 peserta pendonor darah yang menyumbangkan darahnya ke PMI Batam,” sambung Hok Sin.

Hok Sin juga menjelaskan, program ini merupakan salah satu bakti sosial kepada masyarakat, apalagi donor darah juga baik untuk kesehatan.

“Kedepannya, semakin ramai peserta pendonor darah, maka semakin banyak kami bisa bantu stock darah PMI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan Hakka batam bersama RSIA Mutiara Aini memberikan bantuan ranjang, bantal dan selimut sebanyak 12 set ke PMI Kota Batam* ungkap Hoksin.

Sementara itu, Ketua Panitia acara kali ini, Theo Gunawan menjelaskan, tidak ada target spesifik, tapi kali ini panitia sukses menghimpin hingga diangka 300 pendonor.

“PHIS Kota di Batam mengambil peran kemasyarakat untuk ikut terlibat donor darah,” kata Theo. Ia juga menyampaikan bahwa peserta donor darah selalu dibuka untuk umum, dan kegiatan ini tidak eksklusif untuk Hakka, tapi selalu berusaha untuk menjaring masyarakat seluas mungkin.

“Karena kegiatan kami bukan hanya donor darah saja, tapi ada baksos pada Imlek, Idulfitri, dan memberikan bantuan ke korban bencana alam ke semua agama kita ada bakti sosial,” ujarnya.

Sumber: Sekretariat PHIS-Kota Batam

Write a comment