Team Lion Dance Golden Dragon Binaan Yayasan Hakka Aceh Ikut Meriahkan Festival Rapaii Perkusi Internasional 2019 di Bireuen, Aceh - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Team Lion Dance Golden Dragon Binaan Yayasan Hakka Aceh Ikut Meriahkan Festival Rapaii Perkusi Internasional 2019 di Bireuen, Aceh

Ribuan warga turun ke jalan menyaksikan kegiatan Festival Rapaii atau perkusi yang berlangsung pada 13 Oktober 2019 kemarin di Bireuen Aceh, yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, dalam rangka memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Bireuen.

Acara ini sukses dilaksanakan dan diikuti oleh perwakilan dari India dan Vietnam, dan perwakilan dari beberapa provinsi di Indonesia seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Papua, dll serta dimeriahkan juga oleh beberapa talent lokal.

Selain pakaian adat Aceh, pawai karnaval budaya HUT ke-20 Kabupaten Bireuen ini juga menampilkan pakaian adat dari Provinsi Papua. Karnaval budaya ini dibuka langsung oleh Bupati Bireuen, H Saifannur S. Sos didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRK Bireuen, Sekdakab Bireuen, Unsur Forkopimda. Untuk rute tahun ini, pawai dilakukan sepanjang 2 kilometer, khusus wilayah Kota Bireuen, mulai star Jalan Laksamana Malahayati dan finisnya di depan rumah sakit umum Bireuen.

Team Lion Dance (Barongsai) Golden Dragon Binaan Yayasan Hakka Aceh juga ikut ambil bagian dalam kegiataan Pawai Karnaval (Bireuen Art Carnaval) dan Pertunjukan (Show) Barongsai. Team Barongsai binaan Yayasan Hakka Aceh yang ikut terdiri dari 16 atlet, diantaranya ada 5 atlet Barongsai Kota Sabang

Adapun tujuan Tim Golden Dragon untuk mengikuti acara ini adalah untuk mengenalkan barongsai kepada masyarakat Bireuen, dan ini juga adalah sebuah kebanggaan bersama dikarenakan Barongsai sekarang sudah merupakan sebuah cabang olahraga yang resmi terdaftar di KONI, jelas AKY (Ketua Yayasan Hakka Aceh dan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia-Aceh).

Karnaval budaya ini juga diikuti oleh perwakilan penampilan baju adat dari 12 SMP, 3  MTs 3 dan 12 tingkat SMA/MA dan SMK ditambah dengan 19 tim drumband tingkat SD, MI, SMP, SMA/MAN dan SMK yang ada di Kota Bireuen.

“Bagi juara pada ajang ini, panitia menyediakan hadiah, baik untuk penampilan palaian adat, drumband dan kenderaan hias terbaik,” sebut Ketua Panitia Pelaksana.

 

Write a comment