Masyarakat Batam Antusias Donorkan Darahnya dalam Acara Donor Darah PHIS Kota Batam - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Masyarakat Batam Antusias Donorkan Darahnya dalam Acara Donor Darah PHIS Kota Batam

Antusiasme masyarakat Batam untuk donor darah tampaknya kian meningkat. Hal tersebut dapat tercermin dalam kegiatan donor serentak yang ditaja oleh Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Batam bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, di Mall Nagoya Hill, Batam, Minggu (6/10).

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Batam dr. Novia mengiyakan hal tersebut saat berbincang-bincang usai memantau hasil donor darah tersebut, Minggu sore.

“Jumlah donor darah yang terkumpul mencapai 159 kantong, sementara yang mendaftar hampir 300 orang lebih. Antusias masyarakat Batam untuk menjadi pendonor cukup tinggi,” ujar Novia.

Dia juga menjelaskan, tingginya jumlah calon pendonor yang gagal mendonorkan darahnya pada hari itu disebabkan oleh 2 faktor, yaitu tensi darah dan Hemoglobin (HB).

“Sebelum donor, dianjurkan untuk menjaga tensi dan HB, dengan memperbanyak minum air putih, sayur-sayuran dan buah-buahan,” jelasnya.

Ketua Panitia Tiam Tat mengaku hasil dari kegiatan donor darah yang diprakarsai dan diselenggarakan oleh Hakka Batam tersebut memenuhi ekspetasi pihaknya.

Asmin Patros Anggota DPRD Kepri dan Hendra Asman Anggota DPRD Kota Batam, yang turut membantu kegiatan donor darah yang digelar Hakka Batam dan PMI.

Sementara itu, Ketua PHIS Batam Han Hok Sin menyatakan, PHIS di seluruh Indonesia mencanangkan donor darah serentak pada Agustus kemarin.

“Kami di Batam baru sempat laksanakan pada Oktober ini, karena memang sudah menjadi agenda rutin PHIS Batam, setiap tahun 3 kali,” jelas Ketua Hakka Batam.

Menurutnya, Hakka Batam sejak awal berdiri berkomitmen untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial untuk masyarakat luas, termasuk donor darah.

“Kita bisa membantu PMI untuk mencukupi stok darah. Kalau bukan dari kita, siapa lagi,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang edukasi agar masyarakat memahami manfaat kesehatan dari kegiatan donor darah.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Kepri Asmin Patros yang turut hadir dan membantu kegiatan tersebut, mengapresiasi antusiasme warga Batam melakukan donor darah.

Dia mengimbau masyarakat Batam khususnya dan Kepri umumnya senantiasa mendukung kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PMI bersama paguyuban di daerah ini.

Asmin juga menambahkan, “Masyarakat harus memelihara kesehatan. Tanpa tubuh sehat, kita tidak bisa membantu sesama.” (sekretariat PHIS Batam Dan Yayasan Hakak Batam)

Asmin Patros, Anggota DPRD Kepri, yang turut membantu kegiatan donor darah yang digelar Hakka Batam dan PMI, Minggu (6/10)

Kepala Unit Transfusi PMI Batam dr. Novia (kanan) dan Ketua Panitia Thiam Tat.

Write a comment