Peringatan Qiu Ji Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Peringatan Qiu Ji Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

Pada Tanggal 15 Agustus 2019, Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung mengadakan rangkaian peringatan Qiu Ji dengan tema melestarikan budaya leluhur dalam acara peringatan Qiu Ji (慎终追远 缅怀祖先 敦睦宗谊 祭祖及联欢聚会) . Peringatan ini diadakan secara rutin setiap tahunnya. 

Acara dimulai dengan penghormatan terhadap leluhur pada pukul 11:00 di kantor sekertariat Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung di hadapan altar leluhur (肃立, 行礼,上香 行三献礼 ,献香茗,献花果,献财帛,焚祝文等,祭祖仪式礼成) yang bertempat di Bai Shi Ci (百氏祠) ,舉行秋祭典禮祭儀式 dan dipimpin (读祝文) oleh Bapak Hayang Setiawan (謝允營). Setelahnya, diadakan pemilihan panitia peringatan untuk tahun 2020. Panitia yang terpilih bertugas untuk mempersiapkan peringatan-peringatan di tahun 2020, salah satunya perayaan Imlek, peringatan Qing Ming dan peringatan Qiu Ji. 

Penghormatan leluhur ini dihadiri oleh panitia peringatan Qiu Ji (爐主), Bapak Budiman Rusli (爐主李貴浩), Ibu Ko Ay Tjing (副爐主許爱靜), Bapak Arief Sugiarto(副爐主張雄昌), Bapak Simon Kurniawan (副爐主锺驥君),Bapak Utama Wijaya(副爐主廖大江), Bapak Evan (副爐主黄盛超), dan didampingi oleh ketua Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung, Bapak Alesius Bunawan (林文進), Bapak Indra Halim(林士文), Bapak Ali Kuku (李文根), Bapak Sukamto Raharja(梁華麟 ), dan segenap pengurus (等理監事) senior dan muda mudi.

Pada pukul 18:00 dimulai jamuan santap malam di Gedung Serba Guna Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung. Sebanyak lebih dari seribu tamu hadir dalam acara jamuan santap malam peringatan Qiu Ji bersama. Acara dibuka oleh penampilan Line Dance Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung. Dalam Sambutan pembukanya, Bapak Budiman Rusli (爐主李貴浩), selaku ketua panitia peringatan Qiu Ji 2019, megucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya selama setahun ini, sehingga panitia peringatan dapat menggelar peringatan Qing Ming dan Qiu Ji dengan lancar.  Tidak lupa, beliau juga berterima kasih kepada para donatur yang memberikan donasi sehingga acara dapat berlangsung dengan meriah. 

Bapak Alesius Bunawan (林文進), ketua Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kita sebagai warga negara Indonesia agar dapat berkontribusi penuh terhadap pembangunan bangsa dan negara. Beliau juga mengungkapkan kekagumannya terhadap warga Hakka Lampung yang sangat solid dan penuh kekeluargaan. Setelahnya, Bapak Yan Eka Chandra (林增榮) , ketua Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung (PPHL),  memaparkan hasil kerja PPHL yang salah satunya adalah pengadaan sumur bor dan tower air untuk kelurahan yang warga nya tidak memiliki akses air bersih. PPHL juga tetap berkomitmen untuk secara rutin mengadakan kegiatan sosial agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Salah satu program tahun 2019-2020 yang akan dilakukan adalah pengadaan toilet umum di perkampungan.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana jamuan santap malam dimeriahkan oleh artis, tahun ini, jamuan santap malam Qiu Ji dimeriahkan oleh beragam penampilan dari Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung yang mana sebagian besar merupakan alumni pemilihan Hakka Ako Amoi Lampung 2018. Penampilannya terdiri dari: 

Georgius Sandy Halim – 林勝平 – Cosplay Guan Yu

Jessica Justina – 梁晓燕 – Bernyanyi

Felycia Jannice Michelle – Gamelan dan Tarian

Ferencia Arnetta -朱慧娟 – Bernyanyi

Salsabila Widiyanto – 葉美龍 -Tai Ji

Johana Agustina – 紅娜娜 – Tarian

Arie Pratama – 陈德发 – Bernyanyi

Yogie Parmono – 賴得霖 – Bernyanyi

The Anton Suherman -郑安东 – Bernyanyi

Fernando Tanuwijaya – 陈小兵 – Bernyanyi

Fadil Dermawan – 温維陽 – Bernyanyi

Fransiska Budiman – 温美玲 – Bernyanyi

Desmia Anna Wijaya – 傅丽清 – Pembawa Acara

Selama acara berlangsung, turut dibagian sejumlah hadiah yang membuat acara semakin meriah. Jamuan santap malam berlangsung dengan meriah dan ditutup pada pukul 21:30.

Ferry Indrawan

Wakil Ketua Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

Keterangan Foto:

1. Penghormatan di hadapan altar leluhur (读祝文謝允營, 副爐主許爱靜,副爐主黄盛超, 爐主李貴浩, 林文進, 副爐主锺驥君, 副爐主張雄昌, 李文根, 林士文, 丘福胜)

2. Foto Bersama di depan altar Bai Shi Ci

3. Pengurus Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung (温元康,李利群,李貴浩, 李文根,林士文,黄国城,梁华麟, 李伟栋, 丘福胜, 張雄昌)

4. Sambutan Bapak Alesius Bunawan – 林文進

5. Laporan kerja Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung oleh Bapak Yan Eka Chandra -林增榮

6. Penampilan Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

7. Koor Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

8. Penampilan Ako Fadil Dermawan -温維陽

9. Penampilan Cosplay Ako Georgius Sandy Halim -林勝平

10. Penampilan Amoi Jessica Justina -梁晓燕

11. Penampilan Gamelan dan Tarian Amoi Felycia Jannice Michelle

12.  Penampilan Amoi Ferencia Arnetta -朱慧娟

13.  Penampilan Tai Ji Amoi Salsabila Widiyanto -葉美龍

14.  Penampilan Tarian Amoi Johana Agustina -紅娜娜

15.  Penampilan Amoi Fransiska Budiman -温美玲

16.  Penampilan F4; Ako Fernando Tanuwijaya, Ako Arie Pratama, Ako The Anton Suherman, Ako Yogie Parmono – 陈小兵, 陈德发, 郑安东, 賴得霖

17.  Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

18.  Putra Putri Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung

19.  Tamu Undangan Jamuan santap Malam Qiu Ji

20.  Pengurus Yayasan Hakka Metta Sarana Lampung(李玉玲理事,許爱靜婦女部副主任,林桂秀婦女部主任,李艶玲理事)

Write a comment