Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah

Pada tanggal 12 Januari 2019, Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya menyelenggarakan kegiatan donor darah di Darmo Trade Center lantai 4. Ketua Pengurus Alie Handojo, Wakil Ketua Jayapranata, Lie Wiliani, dan pengurus Meliana Darmadji, Yenny Kurniawati, Lucia Theresia, Lilies Iswani, Lusiawaty Harsono, Lidya W., Chu Yuk Ping, dan Emily Irawati, datang di lokasi untuk memberi semangat kepada pendonor dan kepada mereka yang bertugas.

Pagi-pagi, sebelum petugas dari Palang Merah Indonesia cabang Surabaya tiba di lokasi, pendonor sudah mulai berdatangan. Sekitar pukul 9, setelah persiapan selesai, pendonor mulai mengisi formulir, timbang berat badan, mengukur tensi, mengambil sampel darah untuk memeriksa golongan darah, termasuk kekentalan darah, dan lain-lain. Bagi yang memenuhi syarat, mereka melipat lengan baju, berbaring dan membiarkan petugas mengambil darahnya. Mereka yang masih menunggu, walaupun ada sedikit kuatir dan tegang, namun masih berusaha mempersiapkan diri, dan merasa gembira karena dapat menyelamatkan nyawa dan memberi pertolongan kepada mereka yang membutuhkan. Putra pak ketua, Anwar Handojo, juga tidak ketinggalan, mendonorkan darahnya sebagai wujud nyata hati yang penuh welas kasih.

Donor darah berakhir pada pukul 5 sore, yang mendaftarkan diri ada 133 orang, hanya 68 orang yang memenuhi syarat. Setiap pendonor menerima sebuah bingkisan kasih, berisikan beras, gula, minyak goreng, susu kental, kopi, dan mi instan. Tentu saja, perbuatan amal tanpa pamrih ini merupakan pengabdian yang nilainya tidak dapat diukur dengan uang.

Kini keinginan orang mendonorkan darahnya semakin tinggi, hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang memahami akan makna dan manfaat donor darah. “Setetes darah Menyelamatkan Nyawa”, setiap tiga bulan sekali secara rutin Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya menyelenggarakan kegiatan donor darah, menunjukkan jiwa Hakka yang selalu menaruh perhatian pada kegiatan sosial, tindakan amal untuk masyarakat ini merupakan perwujudan karakter Hakka yang mulia, dan sangat patut dipuji.

Sekretariat Perkumpulan Hwie Tiauw Ka Surabaya

Write a comment