Perayaan Moon Cake Festival Hakka Batam - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Perayaan Moon Cake Festival Hakka Batam

Batam – Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mid Autumn Festival, atau dalam bahasa Mandarin disebut Zhong Qiu Jie merupakan perayaan hari sukacita keluarga yang dilambangkan dengan kehadiran bulan purnama penuh.

Di Indonesia sendiri, khususnya di Batam festival ini dikenal juga dengan sebutan Festival Kue Bulan (Moon Cake Festival) dan selalu dirayakan pada tanggal 15 di bulan 8 kalender Tiongkhoa. Seperti yang dilakukan oleh Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Kota Batam yang menggelar Moon Cake Festival di De Patros Cafe Batam, Senin (24/9) malam.

Lily Liu, Ketua Panitia Moon Cake Festival Hakka Batam saat dihubungi IDNNews.id, Selasa(25/9) menuturkan Festival Kue Bulan ini adalah tradisi. Dan menurut tradisi tiongkok, Moon Cake Festival adalah hari besar ke dua setelah Imlek. Dimana saat itu, seluruh keluarga dan sahabat berkumpul untuk merayakan makan kue bulan bersama.

“Tradisi ini sudah lama sekali, sudah ada ribuan tahun lalu. Tujuannya untuk lebih menjalin kebersamaan dan kekeluargaan lebih erat lagi, khususnya temen-teman yang ada di Hakka Batam,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi momen untuk saling merangkul dan menjalin kekeluargaan antarsesama umat manusia secara luas tanpa dibatasi oleh agama, kepercayaan, maupun suku dan golongan.

Sementara itu, Ketua Hakka Batam Hok Sin berharap kegiatan Moon Festival ini bisa mempersatukan dan memperat keutuhan kelurga semakin rukun.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa semakin mempersatukan dan memperat kebersamaan dan kerukunan keluarga besar kit. Khususnya Keluarga Besar Hakka Batam,” jelasnya.

Pada momen tersebut, sebanyak puluhan lampion harapan dilepaskan ke udara. “Ada sekitar 50 lampion harapaan dilepas ke udara. Ada yang berisikan doa untuk keluarga, kebahagian hingga rezeki. Harapannya apa yang kita panjatkan dalam doa tersebut, bisa terkabul,” tutup Lily liu.

(Sekretariat Hakka Batam)

Tinggalkan komentarmu di sini