Kemeriahan Rakernas II PHIS di Singkawang - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Kemeriahan Rakernas II PHIS di Singkawang

Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera baru saja selesai menggelar Rakernas II Periode Kepengurusan II pada tanggal 24 hingga 27 September 2018 lalu di Singkawang. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta dari 33 cabang perkumpulan Hakka di Indonesia.

 

Kegiatan diawali dengan penjemputan seluruh peserta dari Pontianak menuju ke Singkawang. Hari Senin malam, 24 September 2018, seluruh peserta disambut Welcome Dinner di Swiss-Belinn Singkawang.

Rangkaian kegiatan utama Rakernas PHIS di Singkawang ini dimulai di hari selanjutnya. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia ‘Indonesia Raya’ dan lagu Hymne Hakka. Ketua Panitia Rakernas, Bapak Leonardi Tjhai; Walikota Singkawang, Ibu Tjhai Chui Mie, SE; dan Ketua Umum PHIS, Bapak Sugeng Prananto menyampaikan sambutan.

Salah satu rangkaian acara yang paling menarik adalah Motivasi bersama Bapak Andrie Wongso yang secara khusus diundang oleh Bapak Edy Kusuma untuk mengisi acara di Rakernas II ini.

Andrie Wongso memberikan penjelasan tentang persatuan, yang menjadi salah satu Semangat Hakka. Persatuan menjadi tonggak untuk masa depan Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera. Sehingga, hal ini harus terus dijaga agar PHIS terus menjadi komunitas yang maju dan berdampak untuk masyarakat sekitar.

Tantangan yang sedang dihadapi PHIS adalah regenerasi, jadi secara khusus Pak Andrie Wongso juga memberikan motivasi agar tidak ada jarak antara generasi sekarang dan generasi penerus.

Setelah makan siang, setiap perwakilan dari 33 daerah menyampaikan laporan kegiatan setiap daerah selama satu tahun ini. Banyak daerah yang telah melakukan banyak kegiatan menarik sehingga bisa menjadi masukan untuk daerah lain.

Malam harinya, seluruh peserta diundang untuk mengikuti jamuan makan di Rumah Dinas Walikota Singkawang.

Di hari berikutnya, seluruh peserta dibagi dalam 5 komisi, Komisi A (Organisasi dan lain-lain); Komisi B (Keuangan/Bisnis dan lain-lain); Komisi C (Peranan Putra-Putri dan lain-lain); Komisi D (Budaya dan Pendidikan); dan Komisi E (Sosial, Seni, Peranan Wanita, dan lain-lain).

Setelah selesai rapat tiap komisi, satu orang perwakilan dari masing-masing komisi menyampaikan hasil rapatnya yang akan dilakukan dalam satu tahun ke depan.

Salah satu kegiatan menarik di Rakernas II ini adalah PHIS melakukan bakti sosial membangun jembatan di kota Singkawang. Hal ini tentunya menjadi satu komitmen PHIS untuk membantu masyarakat membutuhkan. Melalui jembatan itu, ada banyak masyarakat yang lebih mudah untuk berpergian dan menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih aman.

Acara puncak dilaksanakan di tanggal 26 September malam hari di pelataran Hotel Swiss-Belinn Singkawang. Lebih dari 2000 orang hadir di perayaan Festival Zhong Qiu / Kue Bulan.

Melalui Rekernas II ini diambil keputusan bahwa Rakernas III di tahun 2019 akan diadakan di Batam. Sampai jumpa di Batam tahun depan!

 

Write a comment