Perhakin Kalbar Tinjau Persiapan Pembentukan Kepengurusan Perhakin Sambas - Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera

Perhakin Kalbar Tinjau Persiapan Pembentukan Kepengurusan Perhakin Sambas

Ketua DPD Perkumpulan Hakka Indonesia (Perhakin) Provinsi Kalimantan Barat, Phang Khat Fu beserta rombongan mengadakan pertemuan dengan calon pengurus Perhakin Kabupaten Sambas, Sabtu 16 Januari 2016.

Pertemuan yang berlangsung di ruangan tempat kediaman calon Ketua Perhakin Sambas, Tjong Tji Hok di Kecamatan Selakau ini, diikuti belasan pengurus Perhakin Sambas, perwakilan Kecamatan Selakau ini, diikuti belasan pengurus Perhakin Sambas, perwakilan Kecamatan Selakau, Salatiga, Pemangkat, Semparuk, Tebas, Sebawi, Jawai Selatan, Jawai Sentebang dan Kecamatan Sambas.

Sementara dari Perhakin Kalbar, hadir beberapapengurus diantaranya ketua bidang Organisasi dan Pendidikan, Muchris Supendi, dan Peter Gunawan, Ketua Bidang Seni dan Budaya Junaidi Lukman, Ketua Bidang Kaderisasi dan Pemuda, Wanglin Kalimis serta bidang Peranan Wanita, juga hadir Ketua Perhakin Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, S.E.

Ketua Perhakin Kalbar, Phang Khat Fu pada pertemuan tersebut memaparkan, “Sesuai dengan amanah Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Sejahtera, Sugeng Prananto, kami diminta untuk menindak lanjuti sampai sejauh mana persiapan pembentukan Perhakin di Kabupaten Sambas,” Phang Khat Fu.

Disampaikan Phang Khat Fu, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Perhakin Kalbar selain harus sejalan dengan visi dan misi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam merangkul semua warga Hakka yang tersebar di semua daerah yang ada di Kalbar. Ia berharap, kehadiran Perhakin dapat memberikan semangat baru bagi Pembangunan di Kabupaten Sambas.

Ketua Perhakin Sambas, Tjong Tji Hok, menyambut baik dan positif atas kunjungan yang dilakukan rombongan Perhakin Kalbar. Menurut Tjong Tji Hok, kunjungan Perhakin merupakan bentuk persahabatan, saling peduli dan saling silahturahmi antar sesama orang Hakka.

Dalam pemaparannya, Ia mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh perwakilan 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas kepada dirinya untuk memimpin Perhakin.

Sebagai Ketua Terpilih, Tjong Tji Hok,mengaku akan segera menginvetarisir dan mempelajari sejauh mana teknis dan mekanisme serta managemen sebuah organisasi Perhakin yang harus dijalankan agar dapat dirumuskan bersama dengan kepengurusan yang akan terbentuk. Ia juga membutuhkan dukungan semua pihak dalam menjalankan organisasi ini untuk lima tahun ke depan.

Saat ini telah terbentuk 50 pengurus Perhakin yang terdiri dari Pelindung, Dewan Kehormatan, Penasehat, Pembina, Pengawas, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara serta Ketua Koordinator bidang-bidang. Seluruh kepengurusan Perhakin Sambas akan segera diterbitkan SK-nya.

Terkait waktu dan tempat pelaksanaan pelantikan, paling lambat akan dilaksanakan sekitar bulan April 2016, bertempat di kota Pemangkat.

Penasehat Perhakin Sambas, Pui Men Jung dalam paparannya mengatakan, keberadaan orang Hakka harus diterima apa adanya dan tidak perlu membuang seluruh identitas, nama, agama dan tradisinya.

Untuk bisa diterima oleh seluruh komponen masyarakat Hakka, Perhakin Sambas harus menerjunkan diri dalam memperjuangkan kepentingan orang Hakka dalam mencapa kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan lebih beradab.

Tidak hanya itu, pengurus Perhakin Sambas juga harus selalu peduli dan membuktikan sumbangsihnya serta menunjukkan sikap empati kepada sesama orang Hakka.

Sementara itu, Ketua Perhakin Singkawang, Tjhai Chui Mie, S.E menyambut gembira atas dibentuknya perhakin Sambas. “Kami menyambut gembira atas terbentuknya pengurus Perkumpulan Hakka Indonesia Kabupaten Sambas, periode 2016-2021 beserta kelengkapannya. Karena dengan demikian, kinerja pPerhakin sebagai organisasi bagi orang Hakka yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan menjadi lebih mudah, lebih akrab, dapat saling membantu, saling memotivasi dan saling melengkapi di masa mendatang,” ucapnya.

Menurut Tjhai Chui Mie, sampai dengan saat ini baru ada 2 kepengurusan Perhakin kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Barat yang telah dibentuk, yakni Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Tinggalkan komentarmu di sini